Header Ads

Header ADS

Pelaksanaan Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) SMPN 4 Gantung 2025/2026


Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) Ganjil Tahun Ajaran 2025/2026 merupakan komponen krusial dalam sistem evaluasi pembelajaran di SMP Negeri 4 Gantung. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai tolok ukur fundamental untuk mengukur tingkat capaian kompetensi yang telah dikuasai oleh peserta didik selama proses pembelajaran dalam satu semester. Pelaksanaan PSAS yang terstruktur dan objektif menjadi landasan penting bagi sekolah untuk memetakan efektivitas pengajaran dan merancang strategi peningkatan mutu pendidikan di masa mendatang.

Laporan PSAS Ganjil SMP Negeri 4 Gantung TA 2025/2026

PELAKSANAAN

PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER (PSAS) GANJIL

SMP NEGERI 4 GANTUNG TAHUN AJARAN 2025/2026

A. PENDAHULUAN

Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) Ganjil Tahun Ajaran 2025/2026 merupakan komponen krusial dalam sistem evaluasi pembelajaran di SMP Negeri 4 Gantung. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai tolok ukur fundamental untuk mengukur tingkat capaian kompetensi yang telah dikuasai oleh peserta didik selama proses pembelajaran dalam satu semester. Pelaksanaan PSAS yang terstruktur dan objektif menjadi landasan penting bagi sekolah untuk memetakan efektivitas pengajaran dan merancang strategi peningkatan mutu pendidikan di masa mendatang.

Pelaksanaan kegiatan Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) ini didasarkan pada Surat Keputusan Kepala SMP Negeri 4 Gantung Nomor DK.05.00 /181/SMPN4GTG/2025 serta peraturan perundang-undangan yang berlaku, antara lain:

  • Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 19 tentang Standar Pendidikan.
  • Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar.
  • Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses.
  • Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2025/2026.

Adapun tujuan utama yang ingin dicapai melalui penyelenggaraan kegiatan ini adalah sebagai berikut:

  • Mengukur dan mengevaluasi capaian kompetensi peserta didik pada seluruh mata pelajaran setelah mengikuti kegiatan pembelajaran selama Semester Ganjil.
  • Menyediakan data dan informasi yang valid sebagai bahan evaluasi bagi peserta didik untuk perbaikan proses belajar serta bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
  • Mempersiapkan peserta didik secara akademik dan mental untuk melanjutkan proses pembelajaran ke tahap atau jenjang berikutnya dengan lebih matang.

Uraian mengenai aspek teknis pelaksanaan kegiatan akan dipaparkan secara rinci pada bagian selanjutnya.

B. PELAKSANAAN KEGIATAN

Pelaksanaan PSAS Ganjil Tahun Ajaran 2025/2026 telah diatur secara sistematis untuk menjamin kelancaran dan validitas proses penilaian.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

  • Waktu: Senin–Jumat, 1 s.d. 5 Desember 2025
  • Tempat: Lingkungan SMP Negeri 4 Gantung

Peserta Kegiatan

Peserta yang mengikuti kegiatan Penilaian Sumatif Akhir Semester ini adalah seluruh peserta didik kelas VII, VIII, dan IX SMP Negeri 4 Gantung Tahun Ajaran 2025/2026.

Bentuk dan Materi Soal

Metode penilaian yang digunakan adalah Paper Base Test (PBS). Seluruh naskah soal disajikan dalam bentuk Pilihan Ganda, mencakup semua mata pelajaran yang diajarkan selama Semester Ganjil. Penyusunan naskah soal dilakukan secara profesional oleh TIM Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) untuk memastikan kesesuaian soal dengan capaian pembelajaran yang ditargetkan.

Keberhasilan kegiatan ini tidak terlepas dari kerja sama tim yang solid dalam struktur organisasi pelaksana.

C. STRUKTUR ORGANISASI PELAKSANA

Untuk menjamin kelancaran, objektivitas, dan akuntabilitas pelaksanaan PSAS, telah dibentuk sebuah struktur kepanitiaan yang solid berdasarkan Surat Keputusan Kepala Sekolah.

Susunan Panitia PSAS Ganjil Tahun Ajaran 2025/2026

No. Nama / NIP / NIPPPK Jabatan dalam Panitia
1. SUMIATI, M.Pd NIP. 19750323 199903 2 003 Penanggung Jawab
2. ANNISA NUR AZIZ NIP. 19961108 202012 2 001 Ketua
3. HERIYANTO, S.H.I NIP. 19840731 201001 1 001 Wakil Ketua
4. JUMRIADINIP. 19791116 200103 1 001 Sekretaris
5. HENRI SUSSANTRIA, S.Pd NIP. 19890518 201402 1 001 Bendahara
6. BASTIAN SAHMINAN, S.Pd NIP. 19660305 199703 1 004 Koordinator Seksi Perlengkapan
7. TARIPAR NABABAN NIP. 19850215 201402 1 002 Anggota Seksi Perlengkapan
8. CHANDRA, BNIP. - Anggota Seksi Perlengkapan
9. IBNU ADITYA SAPUTRA, S.Pd NIP. 19901021 201402 1 002 Anggota Seksi Perlengkapan
10. KHOLID ADITYA, S.Pd NIP. 199210032020121001 Koordinator Seksi Penata Ruang
11. EVA SUSANTI, S.Pd NIP. 19750611 200604 2 005 Anggota Seksi Penata Ruang
12. GIONARDI, S.Pd NIPPPK. 199408062023211008 Anggota Seksi Penata Ruang
13. RAHMADANY SAPUTRA, S.Pd NIP. 19900320 201402 1 001 Anggota Seksi Penata Ruang
14. NURUL AKBAR, S.Pd NIPPPK. 199204132023211004 Anggota Seksi Penata Ruang
15. RIKI ADI PUTRA, S.Pd NIP. 199109042024211006 Anggota Seksi Penata Ruang
16. MUHAMMAD IKBAL FAKHROZI, S.Pd NIP. - Anggota Seksi Penata Ruang
17. SUSIEN, S.Pd NIP. 19800711 201001 2 015 Koordinator Seksi Distribusi Soal
18. MEILISA DASMAN, S.Pd NIP. 19920509 201902 2 004 Anggota Seksi Distribusi Soal
19. ERA GITARIA, S.Pd NIP. 19910217 201402 2003 Anggota Seksi Distribusi Soal
20. ANDESKA, S.Pd NIP. 19951212 201902 2 007 Anggota Seksi Distribusi Soal
21. ANINDA ADHIGUNA, S.Pd.Gr NIPPPK. 199808082025212043 Anggota Seksi Distribusi Soal
22. JUMIATINIP. 199306242025212041 Anggota Seksi Distribusi Soal
23. DIANA KESUMA WARDANINIP. 199206242025212024 Anggota Seksi Distribusi Soal
24. IRMA YUNITANIP. - Anggota Seksi Distribusi Soal
25. RESGIAR CINTIYA OSTRINIP. - Anggota Seksi Distribusi Soal

Daftar Pengawas Ruang PSAS Ganjil Tahun Ajaran 2025/2026

No. Nama / NIP / NIPPPK Kode Pengawas
1. BASTIAN SAHMINAN, S.Pd NIP. 19660305 199703 1 004 A
2. SUSIEN, S.Pd NIP. 19800711 201001 2 015 B
3. EVA SUSANTI, S.Pd NIP. 19750611 200604 2 005 C
4. HERIYANTO, S.H.I NIP. 19840731 201001 1 001 D
5. TARIPAR NABABAN NIP. 19850215 201402 1 002 E
6. HENRI SUSSANTRIA, S.Pd NIP. 19890518 201402 1 001 F
7. RAHMADANY SAPUTRA, S.Pd NIP. 19900320 201402 1 001 G
8. IBNU ADITYA SAPUTRA, S.Pd NIP. 19901021 201402 1 002 H
9. ERA GITARIA, S.Pd NIP. 19910217 201402 2003 I
10. MEILISA DASMAN, S.Pd NIP. 19920509 201902 2 004 J
11. ANDESKA, S.Pd NIP. 19951212 201902 2 007 K
12. KHOLID ADITYA, S.Pd NIP. 199210032020121001 L
13. ANNISA NUR AZIZ NIP. 19961108202012 2 001 M
14. GIONARDI, S.Pd NIPPPK. 199408062023211008 N
15. NURUL AKBAR, S.Pd NIPPPK. 199204132023211004 O
16. RIKI ADI PUTRA, S.Pd NIP. 199109042024211006 P
17. MUHAMMAD IKBAL FAKHROZI, S.Pd NIP. - Q
18. ANINDA ADHIGUNA, S.Pd.Gr NIPPPK. 199808082025212043 R

Daftar Pembuat Soal PSAS Ganjil Tahun Ajaran 2025/2026

No. Nama / NIP / NIPPPK Mata Pelajaran Bentuk Soal
1. BASTIAN SAHMINAN, S.Pd NIP. 19660305 199703 1 004 Matematika Pilihan Ganda
2. SUSIEN, S.Pd NIP. 19800711 201001 2 015 IPS Pilihan Ganda
3. TARIPAR NABABAN NIP. 19850215 201402 1 002 IPA Pilihan Ganda
4. EVA SUSANTI, S.Pd NIP. 19750611 200604 2 005 IPS Pilihan Ganda
5. HERIYANTO, S.H.I NIP. 19840731 201001 1 001 PAI Pilihan Ganda
6. ANDESKA, S.Pd NIP. 19951212 201902 2 007 B.Inggris Pilihan Ganda
7. KHOLID ADITYA, S.Pd NIP. 199210032020121001 Matematika Pilihan Ganda
8. HENRI SUSSANTRIA, S.Pd NIP. 19890518 201402 1 001 B.Indonesia Pilihan Ganda
9. RAHMADANY SAPUTRA, S.Pd NIP. 19900320 201402 1 001 B.Inggris Pilihan Ganda
10. IBNU ADITYA SAPUTRA, S.Pd NIP. 19901021 201402 1 002 PKn Pilihan Ganda
11. ERA GITARIA, S.Pd NIP. 19910217 201402 2003 Seni Budaya Pilihan Ganda
12. MEILISA DASMAN, S.Pd NIP. 19920509 201902 2 004 B.Indonesia Pilihan Ganda
13. ANNISA NUR AZIZ NIP. 19961108202012 2 001 IPA Pilihan Ganda
14. RIKI ADI PUTRA, S.Pd NIPPPK. 199109042024211006 Informatika Pilihan Ganda
15. NURUL AKBAR, S.Pd NIPPPK. 199204132023211004 Penjas Orkes Pilihan Ganda
16. ANINDA ADHIGUNA, S.Pd.Gr NIPPPK. 199808082025212043 Informatika Pilihan Ganda

Seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan sesuai jadwal terperinci yang telah disusun.

D. JADWAL KEGIATAN

Penyusunan jadwal yang terstruktur menjadi kunci utama untuk memastikan seluruh rangkaian ujian berjalan dengan tertib, efektif, dan efisien. Berikut adalah rincian jadwal pelaksanaan ujian per mata pelajaran serta jadwal pengawasan ruang yang telah ditetapkan.

Jadwal Pelaksanaan Ujian

Hari, Tanggal Waktu Mata Pelajaran
Senin, 1 Desember 2025 07.30 – 09.30 Bahasa Indonesia
10.00 – 11.30 Pendidikan Agama & Budi Pekerti
Selasa, 2 Desember 2025 07.30 – 09.30 Matematika
10.00 – 11.30 PPKn
Rabu, 3 Desember 2025 07.30 – 09.30 Bahasa Inggris
10.00 – 11.30 Seni Budaya
Kamis, 4 Desember 2025 07.30 – 09.30 IPA
10.00 – 11.30 PJOK
Jumat, 5 Desember 2025 07.00 – 09.00 IPS
09.30 – 11.00 Informatika

Jadwal Pengawasan Ruang

Hari, Tanggal Mata Pelajaran Ruang 1 Ruang 2 Ruang 3 Ruang 4 Ruang 5 Ruang 6 Ruang 7 Ruang 8 Ruang 9 Ruang 10 Ruang 11 Ruang 12
Senin, 1 Des 2025 Bahasa Indonesia A P Q R J I H F E D C B
Pendidikan Agama P Q R A B C D E F H I J
Selasa, 2 Des 2025 Matematika K H N O P Q R A B C D E
PPKn H I J K N O P Q R A B C
Rabu, 3 Des 2025 Bahasa Inggris D E F H I J K N O P Q R
Seni Budaya I J K N O A B C D E F H
Kamis, 4 Des 2025 IPA P Q R A B C D E F H I J
PJOK K N O P Q R A B C D E F
Jumat, 5 Des 2025 IPS G H I J K L M N O P Q R
Informatika E F G H I J K L A B C D

Dengan mengikuti jadwal yang telah ditetapkan, pelaksanaan kegiatan secara keseluruhan dapat berjalan sesuai harapan.

E. RANGKUMAN PELAKSANAAN

Secara keseluruhan, kegiatan Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) Ganjil Tahun Ajaran 2025/2026 di SMP Negeri 4 Gantung telah berjalan dengan tertib dan lancar. Seluruh rangkaian acara, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan, dapat terlaksana sesuai dengan rencana yang telah disusun oleh panitia. Prinsip-prinsip fundamental seperti kejujuran, disiplin, dan tanggung jawab berhasil dijunjung tinggi oleh seluruh peserta didik. Hal ini terwujud berkat pengawasan yang ketat dan profesional dari para guru dan panitia pelaksana, sehingga proses penilaian berlangsung secara adil dan objektif bagi semua pihak.

F. PENUTUP

Demikian laporan pelaksanaan kegiatan Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) Ganjil Tahun Ajaran 2025/2026 ini kami sampaikan. Besar harapan kami, hasil dari penilaian ini dapat menjadi bahan evaluasi yang konstruktif dan bermanfaat, baik bagi peserta didik dalam mengidentifikasi area perbaikan, maupun bagi para guru untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran di masa mendatang. Laporan ini disusun dengan sebaik-baiknya sebagai wujud pertanggungjawaban panitia pelaksana. Atas perhatian dan kerja sama dari semua pihak yang terlibat, kami ucapkan terima kasih.

LEMBAR PENGESAHAN

Gantung, 5 Desember 2025

Ketua Panitia,





Annisa Nur Aziz

NIP. 19961108202012 2 001

Kepala SMP Negeri 4 Gantung,





Sumiati, M.Pd

NIP. 19750323 199903 2 003

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.