📢Pengimbasan Pembelajaran Mendalam: SMPN 4 Gantung Pacu Inovasi Pendidikan Menuju Era Baru
|
Gantung, 24 September 2025 – Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan menjawab tantangan zaman, SMP Negeri 4 Gantung kembali menunjukkan komitmennya dengan menyelenggarakan kegiatan Pengimbasan Pelatihan Pembelajaran Mendalam. Acara yang berlangsung pada Rabu, 24 September 2025 ini, bukan sekadar pelatihan biasa, melainkan sebuah gelombang perubahan yang digerakkan dari dalam untuk mentransformasi ruang kelas menjadi ruang penuh makna dan kedalaman.
Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan yang diikuti oleh beberapa
guru andalan. Dengan semangat sharing knowledge, mereka hadir untuk
menularkan ilmu dan strategi terbaru tentang Pembelajaran Mendalam (*Deep
Learning*) kepada seluruh keluarga besar SMPN 4 Gantung.
**Membangun Fondasi: Visi-Misi yang Menjiwai Setiap Pembelajaran**
Acara dibuka dengan materi fundamental yang disampaikan langsung oleh Kepala
SMPN 4 Gantung, Ibu Sumiati, M.Pd.. Dengan penuh kearifan, beliau memaparkan
“Keterkaitan Visi, Misi, dan Tujuan Satuan Pendidikan dengan Aspek
Pembelajaran Mendalam.”
Ibu Sumiati menekankan bahwa Pembelajaran Mendalam bukanlah program yang
terpisah, melainkan jiwa yang harus menjiwai setiap aktivitas di sekolah.
“Visi kita mencetak generasi unggul dan berkarakter hanya dapat tercapai jika
proses pembelajarannya tidak hanya menyentuh permukaan, tetapi meresap hingga
membentuk pola pikir dan kompetensi siswa. Inilah esensi dari Deep Learning,”
ujarnya di hadapan para guru yang antusias. Presentasi ini berhasil menyatukan
pemahaman bahwa inovasi pembelajaran harus selaras dengan arah dan tujuan
institusi.
**Memahami Esensi: Apa Itu Pembelajaran Mendalam?**
Sebagai pengantar menuju konsep yang lebih teknis,
Bapak Rahmadany S, S.Pd. hadir dengan materi
“Apa Itu Pembelajaran Mendalam?” Dengan gaya komunikasi yang lugas
dan mudah dipahami, Bapak Rahmadany membedah Pembelajaran Mendalam dari sudut
pandang filosofis dan praktis.
“Pembelajaran Mendalam bukan tentang materi yang sulit, tetapi tentang
bagaimana kita menciptakan pengalaman belajar yang *meaningful*, di mana siswa
benar-benar terlibat, mengkoneksikan pengetahuan dengan kehidupan nyata, dan
mampu menggunakannya untuk memecahkan masalah,” jelasnya. Sesi ini berhasil
menjawab rasa penasaran dan meluruskan miskonsepsi tentang istilah yang sedang
menjadi tren dalam dunia pendidikan ini.
**Menyelami Strategi: Konsep Dasar Pembelajaran Mendalam**
Materi inti kemudian disampaikan oleh Bapak Kholid Aditya, S.Pd., yang
membawakan tema Konsep Pembelajaran Mendalam. Dengan pendekatan yang
dinamis dan interaktif, Pak Kholid memaparkan enam kompetensi global (*global
competencies*) yang menjadi pilar dalam Deep Learning, yaitu: **Karakter,
Kewarganegaraan, Kolaborasi, Komunikasi, Kreativitas, dan Berpikir Kritis**.
“Bayangkan sebuah kelas dimana siswa tidak hanya menghafal rumus matematika,
tetapi menggunakan rumus itu untuk mendesain solusi menghemat air di desanya.
Itulah contoh sederhana dimana ke-enam kompetensi ini bersinergi,”
ilustrasinya, yang langsung disambut dengan diskusi hangat dari peserta.
Beliau juga menyoroti pergeseran peran guru dari
sage on the stage menjadi guide on the side.
**From Theory to Practice: Merancang Pembelajaran Mendalam dalam RPP**
Materi penutup yang tak kalah penting dibawakan oleh
Ibu Annisa Nur Aziz, S.Pd., yang fokus pada Perencanaan Pembelajaran Mendalam. Ibu Annisa membawa peserta dari ranah konsep menuju aplikasi nyata. Dengan
contoh-contoh RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang inspiratif dari
berbagai mata pelajaran, beliau menunjukkan bagaimana merancang tugas-tugas
yang menantang (challenging tasks), merancang asesmen yang autentik, dan
mengintegrasikan teknologi untuk mendukung kedalaman belajar.
“Kuncinya ada di perencanaan. Ketika kita merancang pembelajaran dengan tujuan
untuk mendorong kedalaman berpikir, maka hasilnya akan terlihat pada
keterlibatan dan pemahaman siswa yang jauh lebih baik,” tutur Ibu Annisa.
**Semangat Kolaborasi Menuju Pendidikan yang Lebih Bermakna**
Kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga siang hari ini diakhiri dengan sesi
komitmen bersama. Suasana terasa hangat dan penuh semangat. Para guru terlihat
bersemangat untuk segera mengaplikasikan ilmu yang didapatkan ke dalam kelas
mereka masing-masing.
Kegiatan pengimbasan ini bukanlah titik akhir, melainkan sebuah awal yang
menjanjikan bagi SMP Negeri 4 Gantung. Dengan kolaborasi dan semangat berbagi
yang kuat di antara tenaga pendidik, sekolah ini sedang menapaki jalan yang
tepat untuk mewujudkan pembelajaran yang tidak hanya mengejar nilai, tetapi
juga membekali siswa dengan kompetensi abad 21 yang utuh. (bas)
Video Kegiatan:
Foto-foto Dokumentasi :
Tidak ada komentar